Kami akan mengadakan acara donor darah massal yang di adakan depan masjid Al-Markas tanggal 18 Juni 2013

Jumat, 26 April 2013

Ciri-Ciri Makanan yang Mengandung Daging Babi



Makanan yang Mengandung Daging Babi
Akhir-akhir ini banyak beredar makanan yang mengandung daging babi meskipun berlabel halal. Bagi yang non-muslim mungkin tidak masalah, tapi bagi seorang muslim ini masalah besar. Karena bagi orang Islam, seluruh bagian dari babi adalah haram. Karena itulah, sebagai konsumen kita dituntut lebih jeli dalam membeli produk bahan makanan yang akan kita konsumsi.

Beberapa produsen makanan yang curang tidak langsung menyebutkan ada kandungan daging babi dalam produknya, melainkan dengan kode-kode tertentu yang berkaitan dengan babi. Alasannya jelas, agar mereka bisa berkelit jika suatu saat nanti ada tuntutan.

Berikut ini saya informasikan beberapa kode daging babi yang terkandung dalam suatu produk makanan.

Pork
Istilah yang digunakan untuk daging babi di dalam masakan. Biasanya tertera jelas pada mie instant, makanan kalengan, yang secara jujur menyertakan informasi bahwa ada kandungan babi di dalamnya.

Swine
Istilah yang digunakan untuk keseluruhan kumpulan spesies babi. Istilah ini kerap disisipkan oleh para produsen curang yang menyertakan daging babi dalam produknya sebagai salah satu bahan penyedap rasa.

Hog
Istilah untuk babi dewasa yang berat tubuhnya melebihi 50 kg.

Boar
Istilah yang mengacu pada Babi liar.

Lard
Lemak babi yang digunakan untuk membuat minyak yang dicampur dalam masakan atau dicampur dalam produk kosmetik, seperti sabun, body lotion, pemutih badan, dan lain sebagainya.

Bacon
Daging hewan yang diiris tipis dan dimaksudkan untuk dipanggang. Tidak semua bacon ini terbuat dari daging babi, ada yang terbuat dari daging sapi atau daging hewan lainnya.

Tetapi, tetap waspada saja apabila ada kata 'bacon' di dalam kemasan produk makanan Anda.

Ham
Bagian dari daging babi yang diambil dari pahanya. Dagingnya biasanya bertekstur lembut.

Sow
Istilah untuk babi betina dewasa. Istilah ini jarang sekali digunakan, sehingga Anda juga perlu berhati-hati saat membaca atau menemukan kandungan ini di dalam produk makanan Anda.

Sow Milk
Susu yang dihasilkan oleh babi.

Pig
Istilah umum untuk seekor babi. Namun, biasanya merujuk pada babi yang masih muda, dengan berat tubuh kurang daripada 50 kg.

Porcine
Istilah yang digunakan untuk sesuatu yang berkaitan atau berasal daripada babi. Porcine sering digunakan di dalam bidang pengobatan untuk menyatakan sumber yang berasal daripada babi.

Semoga artikel tentang ciri-ciri makanan yang mengandung daging babi ini bermanfaat buat Anda. Tetaplah waspada!

 
| - | ,